Capaian Pembelajaran Lulusan

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius | S1 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika | S2 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila | S3 |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa | S4 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat/temuan original orang lain | S5 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan | S6 |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara | S7 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik | S8 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri. | S9 |
menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan | S10 |
Menguasai prinsip dan issue terkini dalam bidang teknik sipil | P1 |
Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini | P2 |
Menguasai metode matematis, probabilitas dan teknik statistik serta penerapannya dalam bidang Teknik Sipil | P3 |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam; | P4 |
Menguasai pengetahuan cara pemanfaatan dan mengembangkan potensi sumber daya alam lokal sebagai material bahan bangunan teknik sipil; | P5 |
Menghasilkan konsep dan teknik menyusun rencana strategis dan pengawasan dalam pelaksanaan pekerjaan teknik sipil | P6 |
Menguasai prinsip-prinsip kepemimpinan dalam berbagai tipe organisasi dan teknik komunikasi lintas fungsi, level organisasi dan budaya; | P7 |
P8 | |
Memahami prinsip-prinsip dasar bangunan teknik sipil sesuai standar/code yang berlaku | P9 |
Menguasai etika bisnis dan nilai-nilai kemanusiaan (humanity values) | P10 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya | KU1 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; | KU2 |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; | KU3 |
Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi | KU4 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data | KU5 |
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya | KU6 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya; | KU7 |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawahtanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; | KU8 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untukmenjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | KU9 |
Mampu memanfaatkan teknologi komputer dan informatika untuk meningkatkan ketrampilan dalam bidang rekayasa secara efektif dan efisien | KK1 |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi | KK2 |
Mampu merumuskan alernatif solusi untuk menyelesaikan masalah rekayasa dengan memperhatikan faktor-faktor kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration); | KK3 |
Mampu memelihara dan mengoperasikan alat-alat dengan mempertimbangkan aspek keselamatan kerja; | KK4 |
Mampu bekerja sama dalam tim, menerapkan dasar-dasar socio-engineering dalam bidang Teknik Sipil. | KK5 |
Mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan ketrampilan dalam bidang rekayasa teknik sipil secara efektif | KK6 |
Mampu merumuskan fungsi manajeman (perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, dan pengendalian serta evaluasi) | KK7 |
Mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan IPTEKS pada bidang keahliannya dalam perencanaan struktur teknik sipil | KK8 |
Menguasai ketrampilan dalam bidang rekayasa secara efektif dan efisien | KK9 |
Menemukan dan menyelesaikan sumber masalah rekayasa melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa | KK10 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusinya | KK11 |
Mampu memanfaatkan sumber daya dan perangkat perancangan beserta analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa | KK12 |
Mampu merencanakan, merancang, memelihara dan membongkar bangunan teknik sipil dengan mempertimbangkan aspek keselamatan, kesehatan kerja dan berwawasan lingkungan | KK13 |